Pusat Produksi Kursi Sofa

Pernah dengar kursi tamu ganesa atau monaco yang bentuknya besar-besar serta kursinya pakai jok busa? Atau pernah lihat kursi syahrini dan kursi raffi ahmad? yang sempat ngetren di tahun 2014? Siapa yang sangka ternyata kursi tersebut diproduksi di Jepara, tepatnya di desa Senenan.

Sepanjang jalan citra sumo sejauh 5 km semua pengrajin disana khusus membuat kursi dengan model jok-jokan. Ada kursi sudut sofa, kursi cleopatra, kursi lois, kursi romawi, kursi monaco, kursi ganesa dll.

Para buyer yang mencari kursi model jok-jokannya biasanya mereka mendatanggi desa Senenan, mereka belanja mentahannya disana, kemudian mereka finishing ke tempat jasa finishing mebel terdekat. Setelah di finishing barulah dijok sesuai model yang diinginkan, kainnya bisa menggunakan kulit atau kain bludru.

Untuk harganya sendiri sangat bervariatif, ada pepatah yang mengatakan “ harga tidak bisa bohong, ada harga ada kualitas” untuk mendapatkan kualitas yang bagus tentu kita harus berani mengeluarkan kocek lebih banyak. Jika menghendaki harga yang murah-murah tentu kualitasnya pun ala kadarnya.

Proses pembuatannya sendiri memakan waktu 2 bulan. Mengapa lama? Karena di dunia furniture, sifat kayu jati yang bagus harus melalui tahapan yang cukup lama, misal tinggat kekeringannya minimal 12 derajat. Setelah itu difinishing (prosesnya beberapa tahap; diamplas, ditambal, diskrup, dilem, disending) prosesnya sendiri sekitar 14-21 minggu. Dan terakhir baru di jok menggunakan busa dan kain.

Itulah sedikit gambaran proses dibalik industri furniture jati di Jepara secara umum.

26

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *