Finishing Kayu, Proses Pewarnaan Pada Produk Jati

finishing kayu Foto Friska Feristianto.
Finishing Kayu

Proses finishing kayu merupakan tahapan yang sangat penting dalam mebel karena keindahan dan kehalusan produk jati ditentukan pada proses ini. Proses ini memakan waktu yang cukup lama.

Berikut tahapan-tahapan finishing kayu jati:

1. Barang mentah dihaluskan dengan proses amplas dan gerindra diulang lagi dengan mesin amplas sampai kayu benar-benar halus.

2. Penyemprotan awal dengan bahan sending sebagai dasaran yang telah terlebih dahulu bahan dicampur dengan thinner sebagai pengencernya kemudian bahan tersebut disemprotkan dengan alat sprayer penyembur angin dari kompresor ke seluruh permukaan kayu.

3. Setelah agak kering diulang lagi sampai ketebalan dan kerataan sesuai keinginan. Tujuannya untuk menutup pori-pori kayu supaya tertutup rapat dan tampak tidak berlubang serat-serat kayunya.

4. Proses penambalan (pendempulan) yakni dengan cara menambal bagian kayu yang rusak, berlubang, mata kayu agar tampak rata dan tidak ada cacat kayu lagi.

5. Pengamplasan halus menggunakan manual tangan agar hasil penghalusan amplasan maksimal dan bekas bahan sending tersapu secara halus.

6. Pewarnaan, warna yang diinginkan dicampur dan diencerkan dengan bahan thinner serta bahan racikan yang lain. Bahan warna tersebut kemudian disemprotkan menggunakan sprayer ke seluruh permukaan kayu.

7. Penghalusan kembali dengan cara diamplas halus semua bekas warna tersebut untuk nantinya ditimpa bahan selanjutnya,

8. Proses penggebyuran (pembasahan) menggunakan bahan campuran sending, agar bekas warna tampak halus dan tertutup, nampak tebal dan terang warnanya.

9. Proses pen top coatan, yakni proses penyemprotan dengan menggunakan bahan melamin murni yang dicampur dengan pengencer thinner ke seluruh bagian yang telah diwarna tersebut. Dilakukan sampai beberapa lapis sampai merata dan sesuai dengan warna yang diinginan.

Demikian tahapan pada proses finishing kayu mebel jati. Untuk pilihan warnanya ada beberapa pilihan, warna natural, warna salak, warna hitam, warna putih, dan warna emas.

Warna apa yang paling bagus? tinggal pilih sesuai dengan selera Anda atau disesuaikan dengan warna cat rumah Anda.

 

Baca juga Cara Membedakan Kualitas Kayu Jati

292

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *