Keunggulan penggunaan kayu jati jepara sebagai bahan baku utama furniture Jepara

Kayu Jati Jepara merupakan salah satu jenis dari sekian banyak kayu yang digunakan dalam perusahaan mebel atau furniture. Meskipun banyak jenis kayu misalnya kayu mahoni, kayu trembesi, kayu sonokeling, serta kayu sengkai yang juga tak kalah bagusnya, namun kayu jati Jepara tetap menjadi pilihan nomer satu pasar pengusaha mebel atau para pengrajin pada umumnya. Kelebihan yang dimiliki oleh kayu jati Jepara yakni tahan terhadap serangan rayap. Namun tak hanya itu, ternyata kayu jati Jepara juga merupakan kayu yang mudah dibentuk dan mudah dipotong meskipun kayu jati merupakan jenis kayu yang memiliki kekuatan nomer satu.

jati jepara
jati jepara

Kayu jati pada umumnya terdapat dua jenis, yakni kayu jati teras dan kayu jati gubal. Kedua jenis kayu itu memiliki perbedaan warnanya, meskipun tidak berbeda secara signifikan. Pada kayu jati teras memiliki warna yakni coklat kelabu, coklat muda, hingga coklat merah tua. Sedangkan kayu jati gubal memiliki warna kelabu agak kekuningan dan warna putih. Kayu jati yang memiliki tekstur serta corak yang sangat indah membuat kayu kati menjadi bahan pilihan mebel yang mewah. Selain itu juga, corak yang terdapat dalam kayu jati melambangkan seni yang tinggi sehingga tak jarang orang masih memburu mebel yang terbuat dari kayu jati meskipun harganya yang selangit. Namun dengan harga yang selangit itu, mereka mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Hal tersebut akan semakin menjadikan kayu jati menjadi salah satu kayu primadona bagi beberapa kalangan orang, baik di kalangan konsumen maupun kalangan produsen.

Dari dulu hingga sekarang, salah satu lokasi yang terkenal dengan industri mebel dengan menggunakan bahan dasar kayu jati sebagai bahan dasar unggulan yakni Jepara. Salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah ini telah menghasilkan ribuan model dan bentuk furniture dan telah menembus pasar internasional. Selain itu dengan banyaknya industri mebel yang ada disana juga melahirkan banyak pengrajin yang memiliki bakat luar biasa dalam membentuk kayu jati agar menjadi mebel yang sangat indah.

Kayu jati Jepara yang digunakan sebagai bahan unggulan dalam produk furniture yang dihasilkan memang tak usah diragukan lagi keistimewaannya. Selain memberikan hasil yang sangat bagus, kayu jati Jepara juga tahan rayap. Sehingga banyak pembeli yang sangat puas dengan bahan baku kayu jati Jepara ini.

Keberadaan kayu jati Jepara tidak pernah tergantikan di hati para penggemar seni meski kemajuan zaman sudah sangat merubah hal-hal yang bersifat alamiah. Meskipun sudah banyak mebel dan furniture yang terbuat dari alumunium dan besi, tidak akan pernah bisa menggantikan kesan mewah dan elegan dari mebel yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar jati Jepara.

260

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *